Langganan Artikel

Tunggu sebentar...
Ingin diberi tahu saat artikel kami diterbitkan? Masukkan alamat email kamu di bawah ini untuk menjadi yang pertama tahu. GRATIS!

Pengunjung

  • 3
  • 799
  • 518
  • 23,229
  • 303,763
Artikel

Website Bisnis Buat Bisnismu Lebih Profesional

Website bisnis buat bisnismu lebih profesional Indonesia merupakan salah satu negara dengan pasar ekonomi terbesar di dunia dan bahkan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini tentu menjadikan Indonesia memiliki banyak perusahaan bisnis, tentu termasuk bisnismu! Pastikan bisnis yang kamu jalankan telah Go Online dengan website bisnis. Di era yang serba online ini wajib hukumnya buat bisnismu memiliki website bisnis. Selain dapat menjangkau leads (calon pelanggan) lebih banyak, dengan memiliki website bisnis, kamu bisa menjadi lebih dikenal publik, serta bertambahnya nilai profesionalisme, dan kepercayaan pelanggan. Jangan khawatir, kamu bisa membuat website bisnis secara mudah dan murah dengan layanan WordPress! Kamu juga bisa punya email perusahaan untuk menambah kredibilitas bisnis atau perusahaan kamu. Nah, berikut ini step by step cara membuat website bisnis dan email perusahaan.

Apa itu website bisnis dan email perusahaan

Website bisnis merupakan kumpulan informasi perusahaan atau bisnis yang dimuat dalam satu atau beberapa halaman secara online. Website tersebut bertujuan untuk memberikan informasi penting yang akan diakses oleh calon pelanggan maupun orang yang membutuhkan. Hal ini penting bagi perusahaan untuk meningkatkan jumlah calon pelanggan. Selain itu, untuk memberikan kemudahan perusahaan dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan setia atau strategi marketing hingga kebutuhan manajemen perusahaan diperlukan email perusahaan. Ya, email perusahaan pada dasarnya merupakan sarana untuk mempermudah komunikasi baik internal maupun eksternal perusahaan.

Keuntungan Membuat Website Bisnis dan Email Perusahaan

Memiliki website bisnis dan email perusahaan tentu memberikan keuntungan bagi kelangsungan bisnis. Lalu apa sih keuntungan dari masing-masing hal tersebut? Website bisnis akan membantumu untuk:

Lebih Dikenal Publik

Saat informasi terkait bisnismu dapat diakses melalui internet, tentu hal itu menyebabkan bisnismu lebih mudah dan cepat diketahui orang di seluruh penjuru dunia. Kamu tak perlu repot untuk memberi tahu banyak orang terkait bisnismu yang pastinya akan membuang banyak waktu.

Lebih Profesional

Calon pelanggan mana yang tidak kagum dan tertarik dengan bisnismu apabila informasi yang mereka butuhkan tersaji dengan rapi dan estetik dalam sebuah website? Calon pelangganmu dapat dipastikan menilai perusahaanmu sebagai perusahaan yang profesional.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memiliki website bisnis dapat kamu gunakan untuk menampilkan informasi penting terkait kontak dan legalitas bisnismu sehingga hal ini mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan hingga pelanggan setiamu.

Sedangkan keuntungan yang kamu dapatkan jika bisnismu memiliki email perusahaan adalah sebagai berikut: 

Kemudahan Akses Komunikasi 

Sebagai perusahaan profesional, komunikasi internal maupun eksternal biasanya dilakukan menggunakan kontak resmi perusahaan. Dalam hal ini, email menjadi salah satu pilihan komunikasi yang paling umum digunakan. Profesionalitas bisnis akan lebih terjamin saat kamu menggunakan email resmi perusahaan untuk sarana komunikasi, bukan sekedar email gratisan yang siapa pun bisa membuatnya.

Sebagai Penyimpanan Data

Email perusahaan juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Data-data berharga milik perusahaan akan lebih aman dengan penggunaan email resmi. 

Memperkuat Branding Perusahaan

Tentunya branding merupakan sebuah proses panjang dalam perjalanan sebuah bisnis. Dengan menggunakan email resmi perusahaan, bisnismu akan dinilai sebagai bisnis profesional oleh banyak orang. 

Cara Membuat Website Bisnis dan Email Perusahaan

Persiapan

Sebelum memulai membuat website bisnis, kamu harus memahami terlebih dahulu apa saja yang diperlukan. Pertama, kamu harus memiliki domain dan hosting atau server. Apa itu domain, hosting, dan server? Domain merupakan alamat website kamu sedangkan hosting atau server merupakan rumah bagi website kamu. Jadi, file website kamu nantinya akan disimpan dalam hosting atau server dan akan diakses oleh pengguna menggunakan alamat domain yang telah kamu tentukan namanya sebelumnya (misalkan: contoh.com). Ibarat sebuah rumah maka orang yang akan berkunjung ke rumahmu harus mengetahui alamatnya untuk bisa sampai. Nah, nantinya domain atau alamat website ini juga akan digunakan untuk membuat email perusahaan karena nama dari email akan mengikuti nama domain. Misalkan admin@contoh.com. Jadi, pastikan kamu memiliki hosting atau server dan domain.

Cara Membuat Website Bisnis Menggunakan WordPress melalui Instant Deploy

Jika kamu membeli layanan hosting baru di Domainesia, kamu bisa dengan sekejap install WordPress tanpa ribet hanya dalam hitungan detik! Kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

Pilih layanan yang kamu butuhkan. Domainesia menyediakan berbagai jenis web hosting mulai dari harga 14 ribu per bulan yang tentunya bisa menjadi layanan yang cocok bagi website bisnis.

Aktifkan Instant Deploy

Setalah memilih layanan, kamu akan diarahkan pada halaman detail pemesanan. Pada bagian Aplikasi Web, pastikan fitur Instalasi Otomatis (Instant Deploy) sudah ter-centang lalu pilih WordPress. Kemudian atur username dan password baru untuk instalasi. Kamu perlu mengingat username atau email dan password karena akan kamu gunakan sebagai akun WordPress. Tenang, instalasi ini tidak dikenakan biaya alias Gratis!

Masukan Troli dan Lakukan Pembayaran

Masukan detail pesananmu dan lakukan pembayaran. Waw, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan membeli layanan web hosting di Domainesia salah satunya adalah promo. Dapatkan promo hingga 30% dengan menggunakan kode promo PAKETHEMAT

Website Siap Digunakan

Jika layananmu sudah aktif maka website WordPress kamu sudah siap digunakan nih. Login dengan akun WordPress yang telah kamu buat tadi melalui alamat domain kamu slash wp-admin (misalkan: contoh.com/wp-admin)

Optimasi

Terakhir, kamu bisa melakukan optimasi terhadap websitemu menggunakan berbagai fitur yang telah disediakan oleh WordPress.

Cara Membuat Website Bisnis Menggunakan WordPress melalui CPanel

Beli Layanan Sesuai Kebutuhan

Kamu perlu memiliki layanan terlebih dahulu untuk dapat menginstall WordPress. Ikuti langkah pembelian layanan seperti langkah yang telah dijelaskan pada bagian Instant Deploy diatas.

Masuk ke CPanel 

Masuk pada CPanel layanan kamu melalui clientarea maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Ini merupakan tampilan dari CPanel yang merupakan bagian untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan hosting dan websitemu.

Install WordPress melalui Softaculous

Untuk melakukan instalasi WordPress, gunakan fitur Softaculous. Kamu bisa klik pada sidebar kiri “WordPress Manager by Softaculous” atau ketik pada search tools yang berada di bagian atas CPanel, lalu pilih “WordPress Manager by Softaculous”. Setelah itu klik install dan lengkapi form yang muncul. Pada bagian Software Setup, kamu harus memilih domain mana yang akan kamu install WordPress.

Kemudian buat username dan password yang akan kamu gunakan sebagai akses akun WordPress.

Untuk menjaga keamanan akses WordPress kamu, buat password kamu dengan kombinasi huruf besar, angka dan symbol.

Website Siap Digunakan

Website kamu siap untuk digunakan. Lakukan beberapa optimasi menggunakan fitur yang telah disediakan oleh WordPress untuk membuat websitemu lebih terlebih profesional.

Cara Membuat Email Perusahaan

Membuat Akun Email Perusahaan

Perhatikan pada langkah pembuatan admin account pada instalasi WordPress melalui Softaculous. Terdapat form admin email yang digunakan untuk membuat email perusahaanmu sesuai dengan nama domain.

Atau silahkan akses halaman MyDomaiNesia dan login. Setelah itu klik menu Services dan pilih produk Mailspace pada kategori Email. Seperti membuat akun email pada umumnya, untuk membuat akun email hosting membutuhkan alamat email dan password. Untuk itu silakan klik Create an Email Account.

Setelah itu kamu isikan email dan password akun email user yang akan dibuat dan jika sudah langsung saja klik Create Email

Akses Email

Untuk mengakses email perusahaan, kamu perlu akses url mail.namadomain.com kemudian masukkan email dan password sesuai dengan akun email user yang telah dibuat.

Membuat dan Mengirim Email Baru

Kamu sudah bisa membuat dan mengirimkan email baru. Pertama dengan mengisi alamat tujuan pada kolom To, lalu mengisi judul email pada kolom Subject, dan menulis isi email di bawahnya.

Jika ingin menyertakan file (gambar, docs, video, dll) kamu bisa klik ikon di samping kanan seperti di gambar. Setelah semua selesai, langsung saja klik Send untuk mengirim email.

Kesimpulan

Nah, itu merupakan langkah dalam membuat website bisnis menggunakan WordPress. Mengembangkan website bisnis atau perusahaan adalah hal yang penting bagi perkembangan suatu bisnis. Kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan seperti menjadi lebih dikenal publik, bertambahnya nilai profesionalisme, dan kepercayaan pelanggan. Domainesia selalu menyediakan layanan untuk membantu kamu terus berkembang dan menyediakan solusi bagi berbagai problem yang kamu hadapi!

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *