Langganan Artikel

Tunggu sebentar...
Ingin diberi tahu saat artikel kami diterbitkan? Masukkan alamat email kamu di bawah ini untuk menjadi yang pertama tahu. GRATIS!

Pengunjung

  • 2
  • 937
  • 463
  • 23,786
  • 302,198
Artikel

Skill Paling Dicari 2021

Apa sih skill paling dicari tahun 2021? Tidak terasa 2020 sudah akan berakhir dan beberapa dari kalian sudah berhasil mewujudkan harapan-harapan yang kalian rencanakan di awal tahun lalu. Walau di tahun 2020 ini dunia sedang dilanda musibah pandemi virus corona namun salut buat kalian yang tetap semangat menjalani hari demi mewujudkan harapan-harapan tersebut.

Di artikel kali ini saya ingin mengajak kalian untuk memahami beberapa skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang harus kalian persiapkan untuk mewujudkan harapan-harapan selanjutnya di tahun 2021. Tak hanya untuk kalian yang ingin berlayar di perusahaan-perusahaan terkenal sebagai pekerja yang tangguh namun skill berikut ini juga dapat kalian gunakan di berbagai bidang pekerjaan termasuk wiraswasta. Yuk, langsung tengok aja!

Hard Skill

Pertama mari kita jelajahi ranah hard skill terlebih dahulu. Apa itu hard skill? Menurut The Balance Careers hard skill dapat diperoleh dari kegiatan edukasi formal seperti kuliah, pelatihan, magang, sekolah, sertifikasi, dan program lainnya. Jadi skill ini merupakan kemampuan spesifik yang akan digunakan dalam pekerjaan yang dipilih. Beberapa yang perlu kalian siapkan adalah:

Apps and Website Development

Ini adalah skill yang di prediksi akan banyak dicari perusahaan di segala bidang. Tak dapat dihindari bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu mempengaruhi segala aspek kehidupan salah satunya bisnis. Banyak model bisnis yang sekarang berkembang berbasis teknologi misal saja toko online. Tidak hanya pelayanan kepada pelanggan saja yang berubah menjadi online namun manejemen perusahaan juga berubah terintegrasi oleh sistem. Dengan perubahan-perubahan ini maka banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan skill pengembang aplikasi baik mobile, desktop, dan website. Pengembang aplikasi atau website ini biasanya banyak sub skill-nya misal frontend, backend developer, QA engineer, database administrator, dan masih banyak lagi.

ads 3
SEO Specialist

Selanjutnya mari beralih ke SEO Specialist. Apa itu? SEO itu sendiri adalah Search Engine Optimization yang merupakan optimasi sebuah website untuk dapat menduduki peringkat atas di mesin pencari. Tentu ketika website berada di urutan atas saat kita mencari di google dengan kata kunci “skill paling dicari” maka besar kemungkinan kita akan klik yang paling atas. Dengan demikian ketika website berada di urutan atas maka akan berbanding lurus dengan banyaknya traffic sebuah website. Jadi tugas seorang SEO specialist ini adalah melakukan optimasi terhadap website agar terindeks baik oleh mesin pencari dan menempati peringkat atas.

UI UX Designer

Ini dia skill yang lagi banyak dicari oleh perusahaan dan lagi banyak juga individu yang sedang mendalami ilmu ini. Ya, UI UX designer adalah pekerjaan yang juga merupakan bagian dari sebuah tahap dalam Software Development LifeCycle (SDLC). Tahap ini berada di awal proses setelah riset dan analisa kebutuhan aplikasi terpenuhi. UI UX designer akan melakukan riset, analisa, dan implementasi hingga tahap prototype sebuah tampilan aplikasi atau website. Tapi UI UX designer tidak hanya bekerja di awal tahap pengembangan saja. Seorang UI UX designer juga bertanggungjawab setelah aplikasi atau website sudah rilis. Itu yang menyebabkan tampilan Aplikasi Gojek yang kalian install di smartphone sering berubah-ubah. Ya karena di riset dan di analisa peformanya oleh Tim UI UX yang tujuannya untuk mendapatkan kepuasan dari pengguna.

Sales Leaderhsip

Saya pikir skill sales adalah skill yang akan terus dibutuhkan dari tahun ke tahun. Rasanya penjualan product yang meningkat dari hari ke hari adalah hal yang di harapkan setiap perusahaan. Tentunya tumpuhan terbesar berada di tim penjualan. Salah satu skill yang diperlukan adalah sales leadership yaitu kepemimpinan dalam tim penjualan agar target-target penjualan dapat terpenuhi.

Video, Graphic and Audio Production

Siapa yang tidak main instagram? tidak nonton youtube? tidak mendengarkan podcast? Saya pikir kalian sudah pernah berinteraksi dengan itu semua bahkan menjadi “makanan” sehari-hari. Skill ini tentu diperlukan banyak perusahaan yang akan meningkatkan brand awareness dan engagement perusahaan melalui sosial media hingga portal-portal media lainya. Dengan begitu skill video, graphic, dan audio editing sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang perusahaan.

Digital Journalism

Pada dasarnya digital journalism ini sama saja dengan pekerjaan jurnalis yang sudah dikenal sejak dahulu hanya saja media penyiarannya yang membedakan. Seorang jurnalis digital harus terbiasa dengan berbagai keterampilan digital agar dapat bersaing. Jadi secara umum, jurnalis digital ini akan menyiarkan konten jurnalis ke internet dalam berbagai bentuk misal teks, video, gambar, dan suara. Untuk perusahaan media atau berita tentu skill ini yang paling mereka cari sebagai product utama yang mereka jual ke publik. Namun berbagai perusahaan kini juga mulai membutuhkan seorang jurnalis digital mengingat mulai giatnya perusahaan membuat blog di website untuk meningkatkan brang awareness dan engagement hingga traffic website mereka.

Skill paling dicari 2021

Soft Skill

Setelah mengetahui hard skill yang paling dicari di tahun 2021 sekarang saatnya kalian harus tahu soft skill yang dibutuhkan sebagai penunjang hard skill yang kalian punya. Skill ini bisa dibilang sebagai atribut bawaan tiap individu dan tentunya akan mempengaruhi kualitas diri serta menunjang pekerjaan yang kalian tekuni. Apa saja soft skill yang dibutuhkan di tahun 2021? Berikut beberapa yang paling dibutuhkan:

Creativity

Ya, sudah tidak bisa di bantah lagi bahwa kreativitas adalah soft skill yang harus dikembangkan. Apa yang membuat perusahaan atau sebuah bisnis maju? Tentu jawabannya adalah inovasi. Bagaimana inovasi dapat terwujud? Tentu jawabannya adalah dengan kreativitas. So, penting bagi perusahaan memiliki pekerja yang kreatif sehingga bisa di pastikan hal ini menjadi parameter perusahaan merekrut seorang pekerja.

Critical Thinking

Ini merupakan dasar seorang individu dapat mulai berpikir kreatif. Dengan berpikir kritis kalian akan menemukan banyak hal dalam satu bahasan. Pengertian dasar dari critical thinking ini adalah berpikir secara rasional atau jernih tentang apa yang akan dilakukan. Menurut University of The People berpikir kritis sangat penting untuk banyak jalur karier. Tidak hanya untuk ilmuwan, tetapi pengacara, dokter, reporter, insinyur, akuntan, dan analis semuanya harus menggunakan pemikiran kritis dalam posisi mereka.

Stress and Time Management

Ini merupakan soft skill yang penting dan pastinya untuk kebaikan setiap individu. Persaingan pekerjaan semakin besar dan tanggungjawab pekerjaan tentunya juga semakin berat. Tentu setiap individu perlu memiliki kemampuan dalam mengatur tingkat stress agar tidak mengalami dampak stress yang lebih berbahaya yang akan merugikan individu hingga perusahaan tempat bekerja.

Growth Mindset and Continous Learning

Dua hal ini akan saling berkaitan dalam kaitannya kalian bekerja di suatu perusahaan. Namun Dua skill ini tentu akan dibutuhkan juga dalam berbagai bidang kehidupan. Pemikiran yang terus berkembang dan semangat untuk belajar hal baru tentu akan menguntungkan bagi tiap individu untuk menambah insight dan knowledge. Dalam lingkungan perusahaan tentu hal ini juga hal yang sangat penting mengingat persaingan dan perkembangan zaman yang bergerak. Memiliki pekerja dengan skill ini tentu membuka jalan perusahaan untuk terus berkembang.

Nah, itu tadi beberapa skill yang paling dicari tahun 2021 mendatang versi saya. Kamu bisa mempersiapkan lebih dini dengan ikut les private jogja untuk mempersiapkan skill. Semoga harapan-harapan yang kalian rencanakan dapat terwujud di tahun 2021. Jangan lupa untuk membaca artikel saya sebelumnya disini ya tentang keadaan sampah dibumi. Thanks #BacaBiarBaik

18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *